TANTANGAN MASA DEPAN

Nama: Muhammad Zaki Dzunurain
NIM: 16920326
Kelompok: 94

 

Pendahuluan

Krisis pangan adalah salah satu dari masalah global yang serius dan harus kita hadapi. Dari Kesehatan masyarakat hingga kestabilan ekonomi pun dapat dipengaruhi oleh krisis pangan. Tak hanya Indonesia yang dapat terkena dampak, melainkan seluruh dunia yang pastinya memengaruhi banyak sekali manusia. Untuk mengetahui sifat dari masalah ini, menggunakan konsep VUCA adalah solusi yang baik.

VUCA (akronim dari Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity) adalah suatu konsep untuk mendeskripsikan sifat dari sebuah tantangan masa depan yang akan dihadapi oleh manusia.

 

Analisis VUCA

Berikut adalah analisis krisis pangan menggunakan konsep VUCA:

1.      Volatility
Ketersediaan pangan yang rendah, sedangkan permintaan pangan tinggi sehingga harga pangan melonjak dan ketersediaan pangan yang tak merata di tiap daerah.

2.      Uncertainty
Faktor-faktor yang memengaruhi produksi pangan seperti pertumbuhan jumlah penduduk, ketersediaan lahan yang dapat digunakan untuk bercocok tanam, dan perubahan iklim sulit untuk diprediksi.

3.      Complexity
Selain berpengaruh terhadap Kesehatan, krisis pangan dapat memengaruhi kestabilan ekonomi baik dalam skala regional maupun dalam skala global.

4.      Ambiguity
Masih banyak orang yang belum sadar akan dampak dari krisis pangan dan belum memiliki kesadaran untuk mencegah maupun mempersiapkan diri untuk menghadapi krisis pangan yang akan dihadapi.

 

Mengapa Hal Ini Penting?

                Dampak yang diberikan krisis pangan ini sangat serius contohnya adalah seperti krisis pangan yang pernah terjadi pada tahun 2007-2008 yang membuat krisis global yang akhirnya menyebabkan ketidakstabilan politik dan ekonomi.

 

Bagaimana Cara Menghadapinya?

            Menurut Prof. Yazid Bindar dalam situs  https://www.itb.ac.id/news/read/57185/home/solusi-mengatasi-krisis-pangan-dan-energi-di-masa-depan-menurut-prof-yazid-bindar menyatakan bahwa solusi untuk menghadapi krisis pangan adalah menjalankan sustainable agriculture dan menyiapkan pangan-pangan karbohidrat selain beras dan gandum sebagai sumber makanan pokok.


#TantanganMasaDepan
#DuniaVUCA
#OSKMITB2020
#TerangKembali 


    
 

   

 

 

     



Comments

Popular posts from this blog

DESCRIPTIVE TEXT: SPERM WHALE

BAKDES 2K19

SELF DESC